Piano Dasar 3: Piano dan Aksesorisnya

Bagi Anda yang baru masuk ke blog ini, Anda harus membaca daftar apa yang harus anda lakukan sebelum memulai belajar piano di http://www.ilmupiano.com/2015/06/piano-dasar-2-19-langkah-mempelajari.html


Jika ingin memainkan piano online, silahkan kunjungi http://virtualpiano.net.  



Dalam belajar piano, memainkan sebuah piano adalah sebuah hal yang mutlak. Mungkin anda berlatih dirumah saudara, di tempat les, di universitas, dan tempat lain. Tapi saat anda memiliki uang yang cukup banyak dan ingin membeli piano, apa yang harus anda lakukan? Kali ini saya akan membahas mengenai piano dan aksesorisnya. Tidak hanya membahas hal itu, saya juga membahas mengenai bagaimana cara anda memilih aksesoris-aksesoris tersebut,

Berbagai Jenis Piano

  1. Grand Piano adalah jenis piano akustik 88 tuts dan 3 pedal dengan ukuran terbesar yang senarnya dibentangkan kedepan, jadi ukuran badan piano ini relatif besar, hampir seperti meja makan pada umumnya. Harga piano grand baru di Indonesia adalah sekitar 90juta-3milyar Rupiah. Baby grand adalah ukuran piano terkecil tapi tetap saja Anda harus meluangkan ruangan minimal seluas 2x3 meter dirumah Anda dan resiko suara yang sangat besar ketika dimainkan. Pastikan Anda tinggal di lingkungan yang mentolelir suara keras atau rumah Anda cukup besar jadi letak grand piano Anda cukup dalam agar tidak terlalu terdengar keluar.
  2. Upright Piano adalah jenis piano akustik 88 tuts dan 3 pedal dengan ukuran menengah yang senarnya dibentangkan keatas, jadi ukuran badan piano ini relatif sedang, hampir seperti lemari pakaian pada umumnya. Harga piano upright baru di Indonesia adalah sekitar 40-100 juta Rupiah. Upright piano lebarnya sama dengan grand piano karena jumlah tutsnya sama, hanya saja badannya cenderung tinggi keatas. Tapi piano upright tertinggi yaitu Yamaha U3 hanya sekitar 130 Cm dengan senar yang hampir sama panjang dengan baby grand piano. Untuk peletakan piano upright Anda tidak akan terlalu pusing karena piano upright lebih fleksibel untuk diletakan dimana saja.
  3. Piano Electric/Digital adalah piano dengan 88 tuts, dan jumlah pedal yang bervariasi, yang ditenagai oleh listrik. Piano digital pada prinsipnya sama dengan piano akustik. Jika Anda berminat membeli piano digital, silahkan Anda menuju post blog ini yang membahas tentang cara memilih piano digital baru. Di post itu juga saya lengkapi dengan detail tentang piano digital.
  4. Keyboard Elektrik adalah alat musik elektronik yang menyerupai piano dengan jumlah tuts 49, 61 sampai bahkan 88. Yang membedakan Piano digital dan keyboard elektrik adalah touchnya. Keyboard elektrik tuts nya sangat ringat seperti menekan sebuat pegas pulpen.
  5. Organ adalah alat musik yang mempunyai desain 1 – 3 susun keyboard dan bertingkatkan 2 – 3 tuts. Mempunyai sound yang sangat khas, serta beberapa deretan pedal bass berjumlah 7 – 14. Kaki kiri digunakan untuk mengatur pedal bass yang lumayan cukup sulit untuk di geser – geser, karena ukuran yang bisa di bilang cukup lumayan besar.

Kebanyakan guru piano akan merekomendasikan kita untuk membeli piano akustik baik grand maupun upright untuk dipakai berlatih di rumah. Ukuran piano macam-macam, begitu juga harganya. Pilihlah piano Upright ukuran medium, model seperti ini dianggap paling ideal untuk dirumah karena suaranya tidak sekeras Grand Piano selain ukurannya yang tidak begitu memakan tempat. Satu hal penting ketika anda sudah mendapatkan piano, pemindahan alat musik ini berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar karena jika terguncang terlalu banyak maka piano bisa jadi fals untuk selamanya. Panggillah orang-orang ahli untuk memindahkan piano anda dari tokonya menuju kerumah anda.

Jika anda membeli piano bukan dari toko piano baru/bekas (berarti langsung dari rumah orang), anda harus memanggil seorang tuner/tukang stem ahli. Maka dari itu usahakan membeli piano yang nadanya masih normal jadi piano anda hanya harus distem sedikit tanpa harus diturunkan nada dasarnya semua karena senar yang sudah sangat tua jadi bisa putus jika dipaksakan untuk distem. 

Piano digital
Tips: Boleh-boleh saja jika nada ingin membeli sebuah piano digital, terutama jika lingkungan anda ketat untuk suara yang cukup keras (semisal anda tinggal di apartemen/tempat kos). Tapi sebaiknya jangan. Nantinya, anda bisa mengalami kesulitan memposisikan jari dan cara menekan tuts piano akustik. Anda nantinya bisa juga mengalami kesulitan mengontrol level suara di piano akustik jika terbiasa dengan piano digital. Hal ini memang tidak mutlak, anda bisa saja beradaptasi untuk memainkan piano akustik yang bisa memakan waktu 4 bulan hingga dua tahun.  

Langkah Berikutnya>>> Miliki aksesorisnya. Saat piano anda sudah ditempatkan dan sudah distem oleh stemer ahli, waktunya membeli bangku piano dan partitur musik untuk dimainkan. Silahkan anda cari di situs jual beli terkemuka yang bisa anda search di web sendiri. Jangan gunakan kursi meja makan. Tinggi kursi piano sudah diatur sedemikian rupa agar bisa membuat nyaman pianistnya. Kursi piano yang tingginya bisadiatur pun tersedia, biasanya disebut “Adjustable Piano Bench”


Bangku piano adjustable
Bangku piano biasa
























Anda bisa membeli partitur musik seperti dari toko buku atau toko musik di kota anda, tapi anda pun bisa mendapatkan partitur musik secara gratis. Untuk buku dasar, sebaiknya cari sebuah buku yang mengajarkan cara membaca not balok, memainkan tangganada trinada, dan buku lain yang berisi lagu piano dengan tingkat kesulitan dasar. Hal tersebut akan saya bahas di post yang lain.

Metronome analog
Jika anda kesulitan saat berlatih menjaga tempo yang tetap saat berlatih memainkan lagu, pakailah sebuah metronome yang bisa anda download di smartphone anda. Biasanya program metronome di smartphone gratis.  Metronome adalah sebuah alat ukur tempo agar kecepatan lagu anda stabil dengan acuan waktu jam pada umumnya. Satuan kecepatan metronome adalah bpm atau beat per minute. Misal, 120 bpm (tempo allegro) berarti 120 ketukan per menit, atau sama dengan 2 ketuk per detik. Metronome berguna untuk membuat kecepatan permainan piano anda stabil apapun tingkat kesulitan lagunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog piano saya, silahkan tinggalkan komentar