(TIPS) Piano Digital dan Cara Memilihnya

Bagi Anda yang baru masuk ke blog ini, Anda harus membaca daftar apa yang harus anda lakukan sebelum memulai belajar piano di http://www.ilmupiano.com/2015/06/piano-dasar-2-19-langkah-mempelajari.html

Jika ingin memainkan piano online, silahkan kunjungi http://virtualpiano.net.  

Saya dan piano digital (impian) saya
Membeli sebuah piano digital bisa menjadi sebuah keputusan  yang cukup rumit, terutama jika Anda kurang pengalaman dan pengetahuan seputar piano. Artikel ini ditulis agar Anda mengetahui cara memilih piano digital terbaik. Selamat membaca :)

Apa itu piano digital? Saya akan jelaskan ciri-cirinya. Piano digital banyak memiliki perbedaan dibanding piano akustk. Piano digital adalah "salinan" dari kinerja sebuah piano akustik. Akan tetapi, piano digital tidak memiliki hammer ataupun senar melainkan sebuah contoh suara digital, sebuah amplifier, dan speaker. Piano digital dibuat untuk menirukan suara piano akustik yang asli. Banyak orang sekarang lebih suka untuk memiliki piano digital. Hal ini disebabkan oleh bentuk nya yang lebih ringkas sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana, hampir tidak membutuhkan perawatan secara berkala, volume suara bisa diatur, dan banyaknya pilihan suara selain hanya suara piano.



Yang perlu Anda tahu ketika sedang belanja sebuah piano digital ini adalah seberapa dekat piano ini menyamai "ke-akustikan" piano asli dalam hal suara, dan rasa-mirip-piano-asli nya. Apakah tutsnya bergerak seperti tuts piano asli yang biasa Anda mainkan? Kadang, dan seringkali, beberapa piano digital mempunyai hammer tiruan yang kurang baik yang menyebabkan suara digitalnya jadi kurang bagus untuk didengar, jadi bawalah sebuah headphones untuk mengantisipasi hal ini. Inilah salah satu keuntungan piano digital dibanding piano akustik, yaitu bisa dimainkan dengan bisu dan hanya bersuara via headset, jadi Anda bisa bermain sekeras apapun tanpa terdengar oleh lingkungan sekitar Anda, hanya Anda dan telinga Anda. Selain itu headset bisa membantu kita untuk merasakan perbedaan kualitas suara piano digitalnya, yang tak bisa dideteksi jika melalui speaker. Tidak usah ragu untuk membandingkan merk-merk piano digital untuk mendapatkan mana yang memiliki suara terbaik. Bukan masalah merk dan harga yang menjadikan sebuah piano digital memiliki suara indah. Itu semua akan tergantung selera Anda, karena keindahan adalah realtif.


Juga jangan lupa untuk memeriksa kualitas suaranya ketika volume dinaik turunkan apakah menjadi pecah atau tidak. Piano digital yang baik harusnya memiliki konsistenitas yang baik dalam tingkat berapapun volumenya diatur. Juga cek suaranya sampai durasi suaranya habis. Apa suaranya terlalu cepat habis atau terlalu lama? Jika ada piano akustik, bandingkan durasi suaranya dengan memainkan melodi atau akord. Periksa kembali durasi suara piano digital tersebut.


Periksa juga darimana suaranya keluar, suara treble (tinggi) biasanya keluar lebih banyak dari speaker kanan dan suara rendah biasanya keluar lebih banyak dari speaker kiri


Coba juga untuk menahan pedal sustain sambil memainkan dua not C di oktaf terbawah untuk memeriksa polyphony (jumlah not maksimal yang bisa berbunyi dalam satu waktu)  piano digital tersebut. Jika piano itu bagus, anda bisa mendengar kedua not  C bawah sedang berbunyi bersamaan. Kebanyakan piano digital yang tidak begitu bagus akan hanya bisa membunyikan satu not bawah atau suara salah satu not nya ada yang terpotong karena polyphony nya tidak banyak.

Apakah piano digital Anda mudah digunakan? Periksa desain nya dan lihat apakah Anda dapat dengan mudah memahami layout modelnya. Periksa apakah tombol-tombol nya berguna atau hanya meramaikan. Pastikan juga tombol tombol special effect seperti pengganti suara, pembunyi rhytm, jauh dari tuts karena bisa saja tombol tersebut terpukul secara tidak sengaja saat tengah bermain.

Periksa buku panduan pemiliknya untuk pengaturan steman. Beberapa piano digital bisa dirubah stemannya, ini berguna jika nantinya Anda mengiringi sebuah alat musik fals yang tidak bisa distem. Pastikan juga piano digital Anda bisa di transpose jadi nantinya Anda bisa bermain berbagai lagu dari satu kunci/tonalitas saja.

Kebanyakan piano digital memiliki banyak jenis suara alat musik bahkan suara suara efek. Ada yang memiliki suara peluit, suara gema, gitar dan suara selain piano yang lain. Dan pastikan juga piano Anda bisa dipasang atau memiliki pedal sustain. Hal ini biasanya terjadi di keyboard yang sistem pedalnya on off di tangan. Pastikan keyboard itu punya pedal sustain.

Selain hal-hal diatas, aksesoris lain seperti amplifier dan speaker harus cocok dengan model apapun. Piano digital Anda mungkin bagus tapi jika dicolok ke amplifier yang kurang cocok atau mungkin berukuran lebih besar, suaranya jadi kurang optimal. Hal ini tidak jadi masalah besar jika piano digitalnya sudah memiliki speaker. Pastikan entah Anda memilih piano digital yang tepat, atau pilih amplifier yang tepat. Pilih salah satu :)

Terakhir, jika Anda masih ragu juga akan kemampuan Anda memilih piano digital atau keyboard yang bagus, mintalah pertolongan teman Anda yang sudah ahli dalam hal ini. Pilihlah teman Anda yang bermain piano atau akan lebih baik lagi pilih seorang professional dalam hal suara digital piano. Biar bagaimanapun, jangan terlalu bergantung pada pendapat mereka nanti. Ingat, pilihlah piano digital yang pada akhirnya bagus untuk Anda dan kelak Anda nyaman bermain di piano itu berjam-jam.

5 komentar:

  1. Untuk Yamaha Digital Piano Arius YDP-142 R/B apakah diharuskan membeli amplifier dan speaker? karena saya lihat speknya sudah include.

    TX

    BalasHapus
  2. Semua piano digital Yamaha memiliki speaker bawaan jadi Anda tidak perlu khawatir :) Hanya jenis piano stage saja yang harus dipasangi speaker tambahan.

    BalasHapus
  3. kira2 merek piano digital apa yg anda rekomendasikan untuk saya beli ?

    BalasHapus
  4. Saya sama sekali awan masalah piano, tp ingin sekali belajar piano. Jd untuk mengetes spt yg anda sarankan, jelas tidak bisa. Bisa langsung saja saran merk n tipe yg ok? Mgkn spt yg diimpikan anda di foto itu? :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog piano saya, silahkan tinggalkan komentar