(TIPS) Penyebab Ketidaklancaran Permainan Piano

Bagi Anda yang baru masuk ke blog ini, Anda harus membaca daftar apa yang harus anda lakukan sebelum memulai belajar piano di http://www.ilmupiano.com/2015/06/piano-dasar-2-19-langkah-mempelajari.html

Jika ingin memainkan piano online, silahkan kunjungi http://virtualpiano.net.  

Belajar piano itu memang menyenangkan tapi bisa juga menantang. Mungkin ada saatnya Anda merasa frustrasi, mungkin juga terlintas dalam benak Anda untuk berhenti sebelum Anda benar-benar bisa bermain. Tapi dengan mengatasi tiga kesalahan kecil sering dibuat ini, Anda dapat meningkatkan proses belajar Anda!




Kesalahan kecil: Tidak cukup berlatih

Dampak besar: perkembangan belajar yang lambat, teknik yang lemah, dan mungkin jadi bosan bermain piano

Berlatih sangat penting pada semua tahapan mempelajari piano. Latihan yang konsisten itu sangat penting di awal, bahkan ketika mempelajari buku teori latihan piano awal yang tampak sangat sederhana (yang kadang-kadang dapat sedikit mem
bosankan). Di awal, lagu yang mudah dan memiliki pola berulang-ulang ini memiliki manfaat untuk membangun kekuatan jari dan musik-membaca kemampuan. Mereka tidak diciptakan untuk menjadi sebuah lagu yang nikmat didengar, tapi mereka harus didekati sebagai latihan.

Beberapa siswa, terutama remaja dan pemula dewasa, akan dapat membaca notasi dengan cepat bahkan melebihi kecepatan jari mereka yang baru balajar. Latihan berulang-ulang yang konsisten akan dapat meningkatkan kekuatan jari dan ketangkasan bermain piano. Untuk pelajar piano usia berapapun, kemampuan "bermain-dengan-telinga" bisa memudahkan Anda dalam mempelajari sebuah partitur buku latihan karena Anda jadi bisa menebak note apa yang berikutnya harus ditekan. Latihan awal yang konsisten dalam membaca note dibarengi dengan permainan kita (sight reading) akan secara drastis meningkatkan kemampuan kita dalam membaca notasi.

Tanpa sering latihan di rumah, hanya waktu yang terbuang yang anda dapat dari minggu ke minggu. Dengan kemajuan yang lambat Anda mungkin menjadi frustrasi dan bosan dengan piano. Walau awalnya berlatih itu menantang, latihan yang teratur bisa menjadikan perkembangan ketrampilan piano kita lebih cepat, dengan menjaga juga latihan piano yang menyenangkan dan menarik.

Solusi: 10-15 menit latihan di 5-6 hari seminggu itu diperlukan dari awal belajar piano! Buatlah duduk di piano sebagai kebiasaan sehari-hari. Pada awal belajar piano, berlatih piano walau sedikit harus tetap menjadi tujuan utama. Seiring dengan hal tersebut, jumlah waktu yang dihabiskan berlatih akan secara bertahap meningkat.

Kesalahan kecil: Tidak mempelajari buku teori

Dampak Besar: Anda hanya akan bermain dengan nomor jari, tanpa pemahaman yang benar tentang cara kerja musik

Mengapa buku teori begitu penting jika tujuannya adalah untuk belajar bermain musik? Teori musik adalah pelajaran tentang bagaimana musik bekerja, berisi juga tentang struktur, dan istilah istilah musik. Peningkatan pemahaman tentang bagaimana musik bekerja bisa membuat anda belajar piano dengan baik meskipun tanpa guru, karena tidak ada seorangpun yang ingin les piano seumur hidup. Pengetahuan musik dipelajari yang melalui pelajaran piano bisa juga diterapkan saat Anda bernyanyi dalam paduan suara, memainkan alat baru dalam band sekolah Anda, bergabung paduan suara, belajar gitar, dll. Melalui pembelajaran membaca, menulis, dan praktek istilah dan teori musik, banyak peluang yang bisa anda dapatkan sebagai musisi kelak.

Solusi: Cari buku teori yang benar untuk jenjang usia Anda. Mahir dalam teori musik penting untuk menunjang permainan piano Anda.

Kesalahan kecil: Tidak memiliki hubungan guru dan murid yang baik

Dampak besar: Anda mungkin merasa ingin berhenti, atau Anda mungkin mengasosiasikan emosi negatif dengan musik.

Poin ini hanya berlaku untuk Anda yang sudah les musik di tempat kursus. Kadang-kadang les memang sangat efektif, tetapi sering juga siswa akan kehilangan minat jika mereka tidak merasa cocok dengan gurunya. Anda sebagai siswa juga mungkin mengasosiasikan pelajaran piano sebagai sesuatu yang harus ditakuti, canggung, atau tidak nyaman.

Solusi: Daripada anda takut, sebaiknya anda lluangkan waktu ketika memilih seorang guru untuk diri sendiri atau anak Anda, dan beralih guru jika merasa kurang cocok. Carilah seorang guru yang cocok dengan Anda dan mampu memberikan motivasi untuk belajar lebih keras melalui bimbingan yang penuh kasih dan mendukung. Sebelum memilih guru, lihat rekaman atau minta mereka bermain piano, bisa juga untuk meminta kepada mereka sebuah kelas trial sebelum Anda mulai belajar dengan guru tersebut.


Dengan rajin berlatih, belajar teori musik , dan hubungan siswa-guru yang baik, setiap siswa piano dapat unggul tanpa bakat alam yang sering disebut orang-orang. Terapkan solusi yang disarankan di atas, maka keterampilan bermain piano Anda akan tumbuh secara bertahap.

1 komentar:

Terima kasih sudah membaca blog piano saya, silahkan tinggalkan komentar